Tulang kuat merupakan faktor utama dalam tubuh kita. Ada 3 faktor penting untuk membentuk tulang kuat pada tubuh Anda, yaitu Menjaga Pola Makan, Aktifitas Fisik (bisa dengan Fitness), dan Menjaga Gaya Hidup Sehat. Dengan menjaga ketiga faktor tersebut, tulang Anda akan menjadi lebih sehat dan tetap kuat.

Tulang akan terus mengalami perkembangan, tulang yang baru dan tulang yang lama akan dipecah. Umumnya seseorang akan mengalami puncak massa tulang ketika berusia diatas 30 tahun. Setelah usia tersebut, tulang akan tetap berkembang akan tetapi tubuh akan kehilangan massa tulang lebih banyak.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Tulang

  1. Jumlah kalsium yang Anda konsumsi setiap harinya,
  2. Aktifitas fisik atau olahraga rutin,
  3. Hindari penggunaan tembakau (rokok) dan alkohol,
  4. Wanita lebih beresiko tinggi mengalami osteoporosis daripada pria,
  5. Usia dan berat badan,
  6. Ras dan keturunan,
  7. Kadar hormon tiroid yang tinggi dapat menyebabkan tulang kehilangan massanya,
  8. Orang yang mengalami anoreksia atau bulimia lebih beresiko terkena osteoporosis,
  9. Penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang umumnya meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis,

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Berikut ini tips-tips yang bisa Anda terapkan dan perlu Anda coba untuk menjaga tulang agar tetap sehat:

  • Pastikan Tubuh Mendapatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Dosis yang dianjurkan untuk seorang pria dewasa adalah sekitar 1.000 Miligram kalsium per hari, untuk pria dewasa berusia antara 51 hingga 70 tahun.

Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak dapat menyerap kalsium secara optimal. Dosis yang diperlukan untuk pria dewasa adalah 600 internasional units (IU) per harinya, untuk pria berusia 19 hingga 70 tahun. Jika diatas 70 tahun, Anda memerlukan dosis hingga 800 IU per harinya.

Anda bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D dalam beberapa makanan, seperti: susu kaya kalsium dan vitamin D, kuning telur, kacang-kacangan (almond), kacang putih, brokoli, ikan salmon & tuna, dan tahu.

Paparan sinar matahari di pagi hari juga salah satu sumber vitamin D bagi tubuh Anda. Berjemurlah dibawah paparan sinar matahari sebelum pukul 09.00 pagi waktu setempat.

  • Berolahraga Secara Rutin dan Benar

Berolahraga secara rutin dan benar adalah salah satu usaha untuk menjaga kesehatan tulang Anda, dan mencegah resiko terkena osteoporosis. Selain untuk menjaga kesehatan tulang Anda, olahraga juga akan membuat seluruh tubuh Anda menjadi lebih bugar.

Sempatkan waktu berolahraga selama 45 menit secara rutin sudah lebih dari cukup. Anda bisa melakukannya di pagi hari, sebelum berangkat bekerja, atau setelah pulang bekerja. Bisa dengan melakukan angkat beban, jogging, naik-turun tangga atau bermain tenis, dapat membantu tulang Anda menjadi lebih kuat dan memperlambat proses pengeroposan tulang.

  • Hindari Rokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol akan menyebabkan dampak negatif pada kesehatan tulang Anda. Pengaruh yang diberikan oleh kandungan di dalam rokok dan kandungan di dalam alkohol, akan beresiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Rokok dapat mengganggu penyerapan kalsium, sehingga kalsium yang disimpan di dalam tubuh akan terbuang sia-sia. Tulang akan tidak berfungsi dengan baik. Mulailah sekarang juga, kurangi konsumsi alkohol dan rokok, demi kesehatan tubuh Anda sendiri.

Kesehatan bukan hanya anugerah dari-Nya, tetapi kesehatan merupakan suatu hal dan kewajiban bagi kita untuk menjaganya. Jika kesehatan diri sendiri mengalami penurunan, kita akan merasa menyesal