Kamu suka ngopi? Kapan terakhir minum kopi? Kemarin atau tadi pagi?

Bagi yang hobi ‘Ngopi’, paling sering minum kopi di pagi hari sebelum beraktifitas atau di malam hari ketika sedang ada tamu atau ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi, tahukah kamu? Bagi yang hobi ngeGym, dan sedang menjalankan program latihan, seperti harus cobain minum kopi hitam sebelum latihan.

Bagi yang ingin latihannya ingin menjadi super dan maksimal, kamu wajib baca artikel yang satu ini.

1. Makanan Bagi Otot

Dengan mengkombinasikan mengonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi dan karbohidrat, akan meningkatkan lebih dari 50% pada glikogen otot setelah berolahraga. Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang disimpan di dalam otot yang berfungsi sebagai energi cadangan selama berolahraga.

2. Mempertahankan Keremajaan Kulit

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot sehingga otot lebih bugar dan terhindar dari resiko cidera setelah berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya efek protektif pada kedua otot diafragma dan otot rangka yang digunakan untuk bernafas.

3. Mengurangi Nyeri

Penelitian oleh para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi kopi yang berkafein dalam dua cangkir, satu jam sebelum latihan dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Ini membuktikan bahwa kafein mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan otot.

4. Memperkuat Memori

Ternyata, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan daya ingat (memori) pada otak. Daya ingat lebih menguat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kopi hitam. Hal ini diungkapkan oleh suatu penelitian di America.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sebuah penelitian di Jepang, menunjukkan bahwa sirkulasi darah pada orang yang minum kopi hitam sebelum berolahraga mengalami peningkatkan 30% (dalam 45 menit latihan) dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi sebelum latihan.

Sangat dianjurkan, bagi kamu yang ingin mendapatkan latihan super, minumlah kopi hitam (minimal 1 jam) sebelum fitness. Hanya kopi hitam, bukan kopi yang sudah terkontaminasi dengan susu, krimer, gula, dan lain-lain ya. Seduh air hangat, dan minumlah selagi masih hangat. Terus lakukan latihan secara rutin dan benar, jika kamu mengalami kesulitan dan bingung dalam program latihanmu, bisa langsung tanyakan ke Instruktur kami yang bertugas di lapangan.